Fokus, itulah salah satu kunci dalam keberhasilan, Hal itu juga yang selalu diterapkan PD BPR Bank Daerah Gunungkidul dalam memberikan solusi layanan perbankan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Gunungkidul. Hal tersebut terbukti dengan penghargaan yang diraih PD BPR BDG pada ajang penghargaan TOP BUMD 2019 di Golden Ballroom – The Sultan Hotel Jakarta, pada Senin (29/April/2019) dengan tema yang diangkat : BUMD Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan.

 

Event Award Top BUMD 2019 ini berdasarkan hasil evaluasi kinerja PD BPR BDG pada tahun 2018, Dewan Juri menilai dan dalam putusannya menganugerahkan Award kepada PD BPR Bank Daerah Gunungkidul pada 3 (tiga) kategori yaitu :

1. TOP Pembina BUMD Award Tahun 2019 ( Bupati Gunungkidul : BADINGAH, S.Sos, atas peran dan kontribusi serta dukungannya kepada BUMD di Gunungkidul ).

2. TOP CEO BUMD Award Tahun 2019 ( Direktur Utama PD BPR BDG : Dra. Rini Widiyanti ).

3. TOP BPRKU III 2019 (Kabupaten) BUMD Award Tahun 2019.

 

Top BUMD merupakan kegiatan award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di indonesia yang dinilai berhasil dalam hal peningkatan kinerja keuangan dan bisnisnya, peningkatan pelayanan pelanggan dan masyarakat umum serta peningkatan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya dan turut berperan dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

 

 Penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, menilai kontribusi BUMD, tidak hanya melihat dari kinerja usaha dan sumbangan PAD-nya saja, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana peran, keberpihakan, dan keterlibatan BUMD agar menjadi motor pembangunan perekonomian daerah dalam Percepatan Pertumbuhan Ekonomi daerah.

 

Fokus penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri, terdiri dari dua aspek, yakni achievement (prestasi) dan improvement (peningkatan) yang telah dilakukan oleh BUMD, dalam 1-2 tahun terakhir, yang dikaitkan dengan semangat Nawacita dan Revolusi Mental.

 

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2019 memaparkan bahwa peserta TOP BUMD 2019 disaring dari 1.149 BUMD di seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi menjadi 200 BUMD Finalis. Dari para Finalis tersebut, sebanyak 162 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian lanjutan secara lengkap. Jumlah Peserta ini, meningkat 10% dibanding tahun lalu dimana sebanyak 130 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian secara lengkap.

 

Dewan Juri juga menilai implementasi kebijakan BUMD dalam mendukung Visi Pembangunan Nasional, yakni “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian yang berlandaskan Gotong Royong”, serta mengaitkan dengan kebijakan implementasi Revolusi Mental. Serta Kehadiran BPR juga diharapkan dapat mendukung pemberantasan renternir, karena itu adalah salah satu upaya nyata untuk mendorong masyarakat bawah menjadi naik kelas, dan tidak terjebak dalam jeratan kemiskinan yang berkelanjutan.

 

 

   

 

 

Di samping itu, ada pemberian penghargaan terhadap sejumlah CEO (chief executive officer) BUMD, berdasarkan sejumlah kriteria. Antara lain berdasarkan kelompok bisnis; karakter dan soft competency; serta penghargaan berdasarkan kategori khusus.

 

Dan Untuk terus memperluas pelayanan kepada nasabah dan masyarakat, PD BPR BDG yang telah memiliki 11 kantor layanan kas di Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul serta 2 mobil kas keliling untuk melayani daerah di kecamatan yang belum terdapat kantor layanan kas PD BPR BDG. Pada tahun 2019 ini berencana untuk menambah kantor layanan Kas kembali di Ngawen dan Gedangsari, sehingga diharapkan PD BPR BDG dapat lebih dekat dengan masyarakat, dan mampu memberikan solusi layanan perbankan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, sehingga Visi PD BPR BDG “Terwujudnya BPR Terkemuka Tangguh dan terpercaya di wilayah Daerah istimewa Yogyakarta” dapat terealisasi.